Jumat, 28 Desember 2012

cara kerja mesin cetak

Printer adalah sebuah alat cetak yang terhubung langsung dengan komputer. Bila dulu model printer sangat sederhana, maka saat ini kita bisa menemukan beberapa jenis printer. Jenis printer akan menentukan resolusi hasil cetakan yang dihasilkan. Resolusi itu sendiri merupakan jumlah titik dalam satu inch dan dinyatakan dalam satuan dpi (dot per inch). Cara kerja printer juga berbeda - beda menurut jenisnya. Supaya pembahasan cara kerja printer tidak meluas, maka disini akan dibatasi untuk membahas cara kerja printer laser.
 
printer laser merupakan jenis printer yang menggunakan toner. Cara kerja printer laser ini mirip dengan cara kerja mesin foto copy. Printer laser memiliki kecepatan yang tinggi dalam mencetak. Kualitas hasil cetakan dari printer laser juga sangat tajam.
 
Berikut ini adalah penjelasan tentang cara kerja printer laser:
 
 
 
  1. Jutaan bite karakter data dialirkan dari komputer kita ke printer
  2. Sebuah sirkuit elektronik yang terdapat di dalam printer (saat ini juga sudah ditanamkan di dalam komputer yang lebih modern) akan mengatur bagaimana cara mencetak data tersebut supaya benar tercetak pada sebuah kertas.
  3. Rangkaian elektronik akan mengaktifkan kawat korona yang merupakan kawat dengan tegangan tinggi yang memberikan muatan listrik statis kepada apapun yang aad di dekatnya.
  4. Kawat korona tersebut akan menyentuh drum photoreceptor sehingga muatan positif akan menyebar merata pada permukaan drum.
  5. Pada saat yang sama, sirkuit akan mengaktifkan laser sehingga bisa menarik gambar halaman ke arah drum. Sebenarnya sinar laser tidak benar - benar bergerak, namun hanya memantul melalui cermin yang berada diatas drum sehingga sinar laser bisa mengenai permukaan drum dan menghapus permukaan positif yang ada disana serta. Sebagai gantinya, sinar laser akan menciptakan sebuah bidang yang bermuatan negatif. Secara bertahap, gambar daris eluruh halaman akan menumpuk pada permukaan drum.
  6. Sebuah roll tinta akan menyentuh permukaan fotoreseptor dengan toner. Toner telah diberi muatan listrik positif sehingga bisa menempel di permukaan bagian drum photoreseptor yang memiliki muatan negatif. kemudian gambar bertinta halaman terbentuk di permukaan drum.
  7. Selembar kertas akan bergerak menuju drum dan akan diberi muatan listrik positif oleh kawat korona.
  8. Ketika kertas bergerak mendekati drum, muatan posotof akan menarik toner bermuatan negatif dan gambar akan dipindahkan dari drum ke kertas. Pada proses ini, partikel toner hanya menempel di permukaan kertas
  9. Kertas yang telah tertempel toner akan melewati 2 roll panas. Panas dan tekanan yang diberikan dari roll akan membuat toner menjadi cepat kering secara permanen di dalam serat kertas.
  10. Hasil prinout akan keluar seperti layaknya proses pada mesin foto copy.

Video cara kerja printer

Dala video ini akan diperlihatkan cara kerja dari printer laser
(indahf/Carapedia)


Pencarian Terbaru (100)
Cara kerja printer. Pengertian printer. Cara kerja mesin printer. Cara mengoperasikan mesin printer. Cara menggunakan mesin printer. Proses kerja printer. Prinsip kerja printer.
Cara kerja printer laser. Cara pengoperasian mesin printer. Pengertian mesin printer. Cara mengoperasikan printer. Cara pengoperasian printer. Cara penggunaan mesin printer. Fungsi mesin printer.
Kegunaan printer. Sistem kerja printer. Cara penggunaan printer. Penjelasan printer. Cara kerja printer komputer. Pengoperasian mesin printer. Definisi printer.
Jenis jenis printer dan cara kerjanya. Kegunaan mesin printer. Cara pengoprasian mesin printer. Cara kerja laser printer. Cara kerja mesin fotocopy. Manfaat printer. Bagaimana cara kerja printer.
Prinsip kerja printer laser. Konsep kerja printer. Jenis jenis printer dan cara pemakaiannya. Cara pengoprasian printer. Proses printer. Pengoperasian printer. Pengoprasian printer.
Mengoperasikan printer. Langkah langkah menggunakan mesin printer. Ilmu printer. Pengertian printer laser. Cara pemakaian printer. Fungsi dan cara kerja printer. Artikel mesin printer.
Pengertian printer komputer. Fungsi dan prinsip kerja printer. Bagaimana cara kerja printer laser. Cara kerja mesin cetak. Pengertian print. Cara pemeliharaan mesin printer. Cara menggunakan mesin print.
Mesin pengganda printer. Kualitas pencetakan printer dinyatakan dalam satuan. Penggunaan mesin printer. Cara kerja mesin fotocopy laser. Cara pemakaian mesin printer. Cara mengoprasikan mesin printer. Printer dan cara kerjanya.
Bagaimana cara mengoperasikan printer. Langkah kerja printer. Cara kerja print. Proses kerja printer laser. Prinsip kerja mesin printer. Cara kerja mesin printer laser. Mekanisme kerja printer.
Sejarah mesin printer. Cara kerja mesin print. Manfaat mesin printer. Cara kerjaprinter. Mesin pengganda proses langsung. Alat elektronik. Cara menggunakan printer.
Langkah langkah mengoperasikan mesin printer. Cara kerja mesin pengganda. Cara mengoprasikan printer. Cara kerja dari printer. Cara kerja printer dan fungsinya. Cara kerja pencetakan pada printer. Langkah langkah kerja printer.
Cara mengoperasikan mesin pengganda. Cara kerja mesin digital printing. Cara menjalankan printer. Fungsi mesin foto copy. Langkah langkah cara kerja printer. Pengertian mesin cetak. Cara mengoperasikan mesin print.
Ilmu tentang printer. Cara kerja laser. Cara menggunakan mesin fotocopy. Langkah langkah kerja. Artikel cara mengoperasikan printer. Jenis jenis mesin pengganda. Langkah kerja printer laser.
Jenis printer yang cara kerjanya berdasarkan sinar laser. Pengertian dan cara kerja printer laser. Konsep kerja dari printer. Pengertian printer dan cara kerjanya. Cara kerja foto copy. Cara fungsi mesin pengganda. Proses kerja dan fungsi printer.
Bagan proses kerja printer. Cara memakai mesin print. 

sumber: http://carapedia.com/kerja_printer_info2561.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar